Monday, August 04, 2008

personal..

perasaan yg muncul saat gw membaca suatu karya sastra, dan gw mengenal penulisnya..
yeah, maybe it sounds lil bit snob or else.. but the point is.. this 'personal' feeling makes me wanna smile and fly... *silly..*

perasaan personal ini menyeruak ke dalam hati saat gw membaca buku Penggambar Mimpi karya empat temanku, Nandiasari, Nilam Suri, Nurkastelia, dan Runi Indrani.. *guys, here i make your book review, haha..*

gak kok sayang... gw ga akan menceritakan isi bukunya.. tapi gw akan bercerita tentang apa yg gw rasakan setelah membaca.. here we go...

setelah baca cerita2 nandia..
satu kata yang akan gw keluarkan, ruwet.. meski nandia bertutur dengan kalimat pendek2 dan sederhana...

kalau cerita2 nilam..
bagi gw nilam membawa gw ke dunianya, ingin memperlihatkan setiap detil indah di dunianya itu... dan ternyata gw suka diajak pergi ke sana...

sementara cerita2 runi..
membuat gw seakan menyelami ke dalam hati runi.. turut merasa berdebar2 saat sang tokoh di ceritanya berdebar2.. gw juga melihat seorang runi yang sangat suka bermimpi.. hmm..

dan cerita2 sindrow...
sindrow membawa gw ke lingkungan yang sangat familiar.. tapi tokohnya asing bagi gw... sindro membuat gw mengingat rasanya jatuh cinta, dengan orang tak terduga, huhu.. rasanya menyenangkan...

kalo gw boleh sotoy... rasanya gw ingin bilang, "gw jadi lebih mengenal kalian berempat..."
*jadi untuk kalian yg belum baca, segeralah beli buku Penggambar Mimpi.. biar teman2 kita itu dapat royalti... dan (maybe) u will experience your own 'personal' feeling..*

trus...
Andrea Hirata dan Tetralogi Laskar Pelanginya.. sekarang cerita2 itu menjadi personal bagi gw.. norakya, gw merasa seakan mengenal dia.. si ikal.. yang memiliki kisah hidup penuh makna, sejak sd...

gara2nya.. hari sabtu (2/8), gw menonton taping kick andy yg meluncurkan logo baru.. gw nonton bkn krn andrea hirata, tapi karena ada Tompi...
*yup, kapan lagi nonton Tompi gratisan, di grand studio pula... deket dari rumah..*

ternyata ada andrea hirata.. yang membuat gw berdebar2.. (lebay..) apalagi ketika acara selesai, dia masih ada, melayani orang2 (termasuk gw) yang minta foto ma dia...
Pani yang Norak (PN): mas andrea, aku minta foto bareng...
Andrea Hirata (AH): boleh2..
*setelah 2x difoto pake kamera hp..*
PN: mas.. aku paling suka bukumu edensor.. indah..
AH: ah ya.. *sambil menunjuk&tersenyum..* yang menyukai edensor pasti mengerti sastra..
PN: *ke-GR-an ampe ga tau mo ngomong apa.. sampe diserobot orang lain yg juga mau poto...*

well.. mungkin ga ada yg istimewa dr dialog di atas.. tapi alasan gw menyukai edensor adalah.. buku itu bertutur dengan lancar, mengalir...
ada satu peristiwa saat seorang bule temen sekelas andrea.. (i forgot her name) naksir cowo ikal ini.. dan ketika gw bertemu dia kemarin gw berguman, "ya.. pantas bule itu suka sama andrea... dia sangat... unik..."

edensor jg yang membuat gw sadar bahwa laskar pelangi (buku pertama andrea) adalah yang paling dalam makna ceritanya... gw pun membaca ulang laskar pelangi, dan melihat 'keindahan' itu...

ya..ya..ya.. gw tau ga semua orang bilang laskar pelangi bagus... sebut aja nih 2 orang yang berpendapat laskar pelangi ga bagus.. contohnya 2 komentar ini..

sepupu gw inisial DP..
"gw tuh bingung kenapa org bilang laskar pelangi bagus.. bertuturnya tuh ga mengalir.. gw ampe sekarang ga selesai baca... belum baca sih yg sang pemimpi&edensor...
dan cara bercerita si tokoh aku itu, ga pas dg usianya yg sd-smp.. yang salah bukan pengarangnya karena itu buku pertama.. tapi justru editornya, yang ga bisa membuat penokohannya 'sesuai'..."

kolega gw, sebut saja Ray..
"kamu suka laskar pelangi? aku ga deh... alurnya lambat banget.. ga bagus... bosen bacanya..."

komentar yang bagi gw ada benernya jg.. karena gw pun ga selesai2 baca laskar pelangi... terpaksa diselesaikan karena dah dibeliin bulu sang pemimpi&edensor ma mas arief..
tapi bener deh.. tetralogi ini (meski yg keempat blm terbit) ternyata berbeda klo kita komentari secara parsial...
di buku kedua, dan ketiga... andrea bertutur lebih mengalir... mungkin juga karena cara bercerita si tokoh, sudah 'sesuai' atau 'hampir sesuai' dengan usianya...

tapi intinya adalah...
gw berdebar2 saat bertemu andrea hirata... karena (sekali lagi) rasanya personal sekali... gw membayangkan dia yg telah mengalami pengalaman2 seperti di bukunya (edensor)... dan rasanya gw tau alasan dia mengalami itu...
*hayah... makin sotoy yak..*

yaudah deh gitu aja...
gw cuma mau berbagi... indahnya rasa personal, setelah membaca karya orang yang kita kenal ataupun seakan kita kenal... *ih kok gw berdebar2 lagi yah? haha..*

04.08.08

No comments: