Thursday, September 22, 2011

Mengunjungi Mbok Nem di Wonogiri..

Uhuy.. Cerita ini masih lanjutan cerita Lebaran di Solo.. Tapi biar yang baca ga bosen, judulnya ga "Lebaran di Solo (bagian 3)" hehehe.. *ini penting bgt harus dibahas*

Baiklah, ini cerita di hari ketiga lebaran , 1 september lalu, saat saya, muai, dan mba isna sekeluarga (mba isna, mas arif hana, mika, dan rizky) mengunjungi Mbok Nem (pengasuh di keluarganya muai) di daerah Manyaran, Wonogiri..

Setiap denger kata wonogiri, kata pertama yang ada di benak saya adalah BAKSO.. Hahaaha, jangan tanya kenapa bisa begitu.. Salahkan bakso titoti wonogiri, dan juga cinta fitri.. #laaah :))

Pagi itu, kami berenam naik dua motor ke wonogiri.. Mba isna sekeluarga berempat, dan saya&muai berdua.. Dari rumah bapak mertua di solo baru, kami berangkat sekitar pukul 09.00 dengan rute solo-sukoharjo-wonogiri melalui daerang sanggang.. Lewat sanggang ini jaraknya lebih pendek daripada kalau kita lewatin jalan trans sukoharjo-wonogiri, cumaaa.. Jalannya ga mulus aka bolong2 dan di beberapa tempat ada yang nanjak dengan kemiringan 45-70 derajat cuuy.. Bahkan di salah satu tanjakan yang paling curam, motornya mas arif hana sempet ga bisa naik.. Mba isna dan rizky sampai harus turun dulu dari motor untuk kemudia dijemput muai..

Pemandangan di sepanjang jalang sanggang itu membuat trenyuh.. Kita jalan nanjak terus seperti ke puncak, bogor.. Tapi jangan bayangkan udara sejuk dan warna hijau di kiri kanan jalan.. Yang ada adalah pohon-pohon kering, sungai kering, udara panas terik, dan gunung kapur.. Yup, daerah itu adalah daerah yang susah air.. :(

Yang saya bisa lakukan saat itu adalah bersyukur..

Karena meski di rumah saya pompa airnya suplai airnya berkurang hingga kami harus beli air untuk masak&mandi.. Tapi setidaknya masih ada yang jual air.. Ga kebayang kalau saya harus tinggal di daerah susah air itu..

Lalu setelah sekitar 2 jam perjalanan, akhirnya kami sampai ke rumahnya Mbok Nem.. Rumah berbentuk joglo dengan bahan kayu, dan seng untuk tembok kirinya.. Di dalam perabotnya tidak banyak.. Kami duduk menggelar tiker di tengah ruangan.. "Rasa" modern sedikit hadir di rice cooker, televisi dengan parabola (tapi kemarim ketika di stel ga bisa), dan kulkas di dapurnya..





Mbok Nem itu pribadi yg sangat keibuan.. Saya baru pertama kali bertemu dia.. Tapi saya langsung tahu kenapa muai menyebutnya "ibu kedua".. Mbok nem bekerja di keluarga muai sejak mba isna berumur 4 bulan, dan berakhir ketika mika (anaknya mba isna) kelas 1 sd (sekarang mika kelas 3).. Jadi mungkin sudah sudah lebih dari 31 tahun lamanya...*waaaaaw* Tapi sayangnya di dekat mbok nem saya (lagi2) lost in translation krn mbok nem tidak bisa bahasa
indonesia.. *sedih*



Acara kangen2an diisi dengan makan siang bareng2.. lalu ngobrol2 sambil ngeliatin mika&rizky main pedang2an, dan foto2 bersama.. *tetep yah*




Dari rumah mbok nem kami menuju ke waduk gajah mungkur buatan 'tangan besi pak harto' yang fenomenal itu...

Daaaaaaaan...

Anjrooootttt... Itu waduk rame buangeeeeeeet... Ribuan orang berekreasi ke sana.. *yaeyalah pan namanya juga lebaran..* sinting ih ramenya..



Trus intermezo aja, tiket masuk ke situ per orang Rp8.000. Kalo misalnya pengunjungnya sampe 10 ribu orang, berarti pengelolanya dapet Rp80 juta aja.. Belum
termasuk biaya parkir motor yg jumlahnya ribuan dan mobil yang jumlahnya ratusan..


Saya ampe patah arang dan bilang ke muai, "yakin ini masih mau lanjut? Panas banget sayang, kakiku kebakar..."
Tapi sodara2, si muai menjawab, "ya udah sampe sini masa ga ngapa2in.."
Mika juga bilang, "ayo kita naik kapal tante.."


Warna langit siang itu sungguh cantik.. Tapi OH NOOOOO... Panas.. Panas.. Panas... *sori ya lebay abis2an, tapi emang bener deh.. Itu waduk ramenya 11-12 sama ragunan pas lebaran.. Ditambah panasnya itu loooh..*


Tapi tetep sih, mayoritas pada mau naik kapal.. Hiks, saya pun ikut serta naik kapal keliling waduk dengan ongkos Rp6000/ orang.. *males jg panas2 sendirian.. xD*


akhirnya kami pun naik kapal..






trus pas dah naik ke dermaga lagi, kami juga foto2 lagi.. :D :D :D

(kika: pani, muai, mika)


akhirnya saya pun ga jadi bete karena panas menyengat siang itu.. karena saat saya melihat sekeliling, saya bisa tersenyum, hehe..
Ngeliat orang jualan kacamata..


Ngeliat tukang jual eskrim yang bikin ngiler..


Ngeliat tukang topi yang dagangannya laris manis krn selain harga topinya Rp3000 doang, panasnya makjaaan..


Ngeliat tukang mainan dapat untung besar..


Ngeliat suami istri dengan pakaian "fancy" yang menarik perhatian..


Ngeliat tukang jual ikan goreng&ikan bakar yang bikin perut laper..


Dan lagi2 saya bersyukur.. Alhamdulillah bisa menengok suasana lebaran yang berbeda.. :)

Selesai berpanas2an di waduk, kami memutuskan pulang ke solo.. Tapi tentu sebelum pulang harus makan dulu dooong..
BAKSO WONOGIRI.. :D

Tapi sebelum menemukan si warung bakso, saya melihat pemandangan yang sangat familiar dengan di jakarta.. JALANAN MACET BGT CUUUY.. Klo saya ngeliat sih kaya ga ada ujungnya, mana banyak bgt mobil plat B.. Cukup tau aja ya macet, eike dah jauh2 mudik masih deket2 aja.. *apasih ini..* menurut berita di radio, kemacetan di waduk gajah mungkur itu mencapai 6km... xD

Akhirnya kami makan di sebuah warung bakso di pinggir jalan kota wonogiri.. Trus karena saya laper, saya pesan lah mie ayam bakso yang ternyata baksonya jumbo.. Hohoho.. Tapi ya gitu deh, laper cuy, abis deh tuh mie ayam bakso.. :))


Balik dari sana, saya&muai berpisah jalan dengan mba isna&keluarga yang balik ke grobagan..
Cape juga ya ternyata perjalanan solo-wonogiri-solo..
Akhirnya malam itu diakhiri dengan makan malam di rumah saja&ga wisata kuliner lagi.. Hihihi..

***

Catatan penting: ternyata panasnya hari itu bener2 berbahaya.. kaki saya bener2 terbakar dan meninggalkan bekas.. :(


jadi pesan moralnya adalah, "Kalau mudik jangan lupa bawa sunblock dan kalo pergi2 pake kaos kaki.. xD


PS: foto-foto oleh muai sayang.. :D


No comments: