Sunday, September 11, 2011

Lebaran di Solo.. (bagian satu)

mudiiiiik...

akhirnya setelah berumur 27 tahun++ saya merasakan yang namanya mudik aka pulang kampung... :D :D :D kami mudik ke solo hari senin (29/8) untuk ngikut malam takbiran di sana..

trus, kesan pertama mau mudik pertama kali pas lebaran adalah deg2an.. norak banget ya, semacam demam panggung takut di judge sama bapak mertua, kakak ipar, pakle', bule', dan lain2nya..
lebay lah pokoknya sampe2 saya lupa kalau bawa makanan yang fregile (kue2 kering lebarang) harusnya GA DIMASUKIN BAGASI karena pas dibuka tu makanan dah ancuuur lebur.. :(((

tapi akhirnya setelah drama2 ga perlu di awal perjalanan, saya dan muai mantengin sidang itsbat yang (menurut kami penuh kontroversi di TV).. akhirnya dengan segala argumen&kepercayaan di hati, kami tetap "mantep" lebaran hari selasa (30/8) dan ikut bertakbir malam itu..

beda dengan di jakarta yang (katanya sepi) karena sebagian besar warganya berlebaran hari Rabu (31/8), di solo justru sudah terasa malam takbiran.. yah mungkin ga semua masjid sudah bertakbir, tapi di masjid dekat rumah solo baru (rumah bapak mertua), masjid At Taqwa TK Al Islam di Grobagan (rumahnya si Mbah H Rosyidi), dan banyak takbir keliling menghadirkan suasanya malam takbiran yang cukup meriah.. :)

di malam takbiran itu, saya&muai tentunya keliling kota untuk jajan.. :)) *sungguh mudah diduga* kami malam itu jajan di timlo maestro (timlo kesukaannya Sindrow) dan di wedangan depan kodim langganannya muai waktu jaman kuliah dulu..

abis kenyang jajan2, kami langsung bali ke rumah untuk "persiapan" salat ied besok biar ga kesiangan..


***

esoknya.. *terektekdugces*

udah bangun pagi2 jam 5, malah kesiangan berangkat salat ied.. salahkan muai yang lama bener di kamar mandiiii... salat ied nya mulai jam 06.15 cuuuy, kita jam 06.45 baru jalan.. alhasil orang2 pun sudah bubaaaar.. *wakwaaaaw*

hehe, tapi gapapa lah yah, baru pertama kali (mau) salat ied di solo.. gatau kite kalau di sana mataharinya terbit lebih pagi.. jadi kalau mulai salat ied jam7 mataharinya udah panas banget keliatannya.. *justifikasi kesiangan* xD

abis (orang2) selesai solat, keluarga besar H Rosyidi (alm si Mbah-nya Muai) kumpul di rumah bapak mertua di solo baru.. kejutan pertama pagi itu adalah absennya ketupat di meja makan (adanya lontong&nasi).. ternyata di solo sama dengan banyak daerah di jawa lainnya, lebaran ketupat itu H+7, ga kaya di jakarta.. *kecele*

kejutan kedua adalah adanya menu gado2 siram sebagai salah satu menu lebaran, selain menu2 standar seperti opor ayam, sayur krecek, ayam goreng, dan rendang (aku yang bawa loooh <- bangga).. oiya, ini suasana kumpul2 "Rosyidi Community" di solo baru..


(foto-foto: FB Rosyidi Community)

setelah sodara2 pada bubaran, waktu baru menunjukkan pukul 11.00 WIB.. kalau di jakarta biasanya saya masih dalam perjalanan menuju depok ni.. biasanya jam segini udah kena macet di margonda.. tapi di solo justru jam segini acara kumpul2 pertama dah bubaran.. tujuan kedua kami hari itu adalah ke makam si mbah Rosyidi, dan makam ibu mertua..

saya baru sekali ngeliat makam yang suasananya berbeda..


(foto: @panicihuy)

ada makam yang berbentuk cungkup, ada juga makam yang sekedar semen seperti makamnya ibu mertua ini


(foto: FB Rosyidi Community)

makam di solo lebih cenderung sederhana, apalagi di keluarga muai tidak ada tradisi tabur bunga..

abis dari makam saya&muai balik ke rumah dengan perasaan gontai, lemes bener deh.. dan kami pun memutuskan untuk... ISTIRAHAT.. :))
siang itu panas bener cuacanya.. jadi tidur siang adalah opsi yang paling baik.. hehehe..

sorenya baru kami berkunjung ke rumah mak tuo (keluarga kakaknya alm ibu mertua) yang ga jauh dari Grobagan.. dan saya takjub karena disuguhin gado2 siram, dan muai makan lontong rendang karena gado2nya abis.. :D

saat magrib tiba, bapak mertua buru2 pamit karena mau salat di masjid.. akhirnya saya&muai juga ikutan pamit biar bisa ikut salat di masjid juga.. keputusan ini.. err sama sekali ga saya sesali sih.. karena jarang2 kan salat magrib berjamaah di masjid.. tapi di lain waktu mudah2an dapat imamnya yang bacaan salat ngebut.. xD

eniho...abis solat kami memutuskan untuk jajan lagi... horeeeee...jangan tanya naik berapa kilo berat saya pas balik dari solo?? yang jelas kalau udah sampe solo yang ada di benak ya pasti wisata kulinernya cuuuy.. :D

rombongan tweet saya malam itu,
"Pemberhentian pertama wisata kuliner #solo malam ini adalah Bakso Pak Jum di Lapangan Kartopuran.. Makan bakso lesehan cuuy.. :D"

"Oiya, si Bakso Pak Jum ini juga jual wedang kacang.."

"Bakso Pak Jum ini enak, baksonya halus&ga blenger.. Di sini makan bakso dicampur sosis solo, jd mirip kaya makan soto mie.. :D"

"Yang juga menarik dari makan bakso di sini, kayaknya orang #solo terbiasa makan bakso pake nasi.. Sebelah gw bawa tromol isi nasi.. xD"

"Oooh, ternyata yg namanya wedang kacang itu mirip bubur kacang ijo+roti tawar, tapi kacang ijonya diganti kacang tanah.. Nice one #solo.. :D"

"Pemberhentian kedua wisata kuliner malam #solo kali ini.. xD


(foto: @panicihuy)

"Nyobain shi jack, satu2nya "pioner" susu murni di kota begawan. Es susu coklat+roti bacok (bakar cokelat). *muai ga mesen, doi kekenyangan*"

"Di jakarta kayaknya ga pernah liat susu cap sapi.. :D


(foto: @panicihuy)

"Kejadian menegangkan hari ini adalah hp nya muai ketinggalan di tempat tukang sate.. Alhamdulillah sama doi di simpenin.. :)"

"Sekarang sudah kembali ke rumah bapak mertua di #solo baru.. Alasan udahan wisata kulinernya krn si muai udah wareg.. Cufu ah doski.. xD"

hehe.. sampai ketemu di bagian keduanya.. :D

No comments: