Sunday, June 24, 2012

Masa harus selalu kalah sama Malaysia?

Lanjutan cerita liburan muaipani di KL Malaysia belum juga saya lanjutin. Alasannya
simple aja, setelah kasus klaim tari tor-tor oleh mandailing malaysia, rasanya saya
ikut keki&sebel sama negeri tetangga itu. Yah, terlepas dari siapa yang salah, siapa yang ga tau diri, dan siapa yang bodoh yah.. tapi kasus itu justru membuat saya ngerasa Indonesia memang kalah..

Pasalnya, bagi saya Malaysia itu negeri yang (secara garis besar) ga lebih bagus dari Indonesia. Makanannya juga ga lebih enak dari Indonesia.. Keragamannya juga kalah dari Indonesia.. Apalagi keramahan orang-orangnya, kalah jauh lah sama orang Indonesia..

Tapi kok rasanya negeri itu lebih 'dirawat' sama pemerintahnya.. Dan sedihnya itu lah yang membuat negeri kita kalah.. :(

Eniho.. daripada bermelow-melow, yuk kita mulai lanjutan ceritanya..
Hari itu Minggu (13/5), setelah perjalanan kurang lebih 5 jam, dengan sekali istirahat di tempat peristirahatan, kami tiba di terminal bersepadu selatan di pinggiran kota kuala lumpur jam 15.00..

Sebelum saya cerita soal terminal yang kece itu, ada fakta menarik dari jalan tol di Malaysia.. ternyata di sana motor bisa masuk jalan tol loh.. giling ya?? kalau di jakarta motor bisa masuk tol penuh kali ya tu tol, haha..

Eniwei, baru datang di terminal bersepadu selatan (TBS) yang dulunya bernama Tasik Bandar Selatan (TBS) saja saya sudah kagum.. Betapa bersih dan teraturnya terminal bus ini. Ga cukup sampai di situ, terminal bus ini juga dilengkapi wifi yang cukup kenceng. Bisa lah digunakan untuk ngontak mas Ollie temennya muai, dan untuk ngetweet.. *jiaaah tetep*

Di terminal bersepadu selatan, hal yang pertama kami lakukan adalah mencari ATM
untuk tarik tunai ringgit. Ini salah satu trik biar ga takut rawan bawa duit
banyak2 kala bepergian ke luar neger. Cukup tarik tunai aja di atm. Cari jaringan
yang cocok di kartu ATM kamu macam alto, cirrus, plus, visa, dll. Akan ada biaya
administrasi yang klo saya ga salah antara Rp45 ribu-Rp50 ribu sekali narik. Jadi
pikirkan saja jumlah yang kira-kira cukup untuk membiayai kita selama di negara itu. :)

Selesai ngambil duit di ATM kami menuju informasi untuk nanya gimana caranya ke
stasiun LRT. Ternyata stasiunnya ada di sebelah kiri terminal. Di stasiun itu ada
kereta keluar kota (keliatannya yg masih pake rel ganda kaya di Indonesia), trus LRT yang ke arah kota, dan kereta ke bandara KLIA.

Dari situ aja saya udah iri sama negara itu. Gimana jaringan kereta apinya yang ga
semuanya harus modern dan high tech kaya di singapura, tapi susah sangat memadai.

Di stasiun kami harus membeli tiket di mesin tiket, dan kami pun bingung. Orang
malaysia itu menurut saya ga ramah, beda sama orang Indonesia. ga ada yang mau
membantu kecuali kita inisiatif bertanya.
Mana saya tau kan kalau beli karcis ga bisa pake uang 50 ringgit? jadi harus tuker dulu di counter setelah si mbaknya ditanya gimana cari kami beli tiket klo uangnya ga diterima di mesin. :(

Akhirnya kami bisa beli tiket di mesin menuju stasiun PWTC tempat kami harus turun.
Setelah membeli tiket, keluarlah token berwarna biru (bukan kartu kaya di singapur).
Token itu harus di tempelkan ketika masuk stasiun, dan dimusikin seperti ke celengan
ketika keluar di stasiun tujuan.. :)

Sampai di PWTC hujan deras saja sodara2.. Kami pun berteduh dan masuk ke restoran
arab/pakistan hyrderabad. Mereka jualan kari, roti prata, dll. Kami pun makan&minum
dulu sambil ngehubungin Mas Ollie. Ternyata si mas Ollie nyamperin kami di situ,
karena dia agak khawatir kok kami lama banget ga nyampe-nyampe padahal katanya dah sampe terminal bersepadu selatan dari jam15.00 (dan pas di situ udah jam17.30 aja soalnya.. ngook)
Yah maklum lah, namanya juga turis keder ya.. harus liat kiri kanan dulu sebelum
bertindak, haha..

Sampai di kondominium mas Ollie tempat kami menginap selama di KL, kami seperti
merasa di rumah. Yah mungkin karena memang di situ rumahnya Mas Ollie, istri-nya, dan
dua anaknya Afia dan Alman. Jadi memang terasa sangat rumah.. :)

Ini pemandangan dari jendela kamar kami..

Malam itu kami jalan-jalan ke KLCC, mal yang ada menara petronas-nya. Kami kesana naik LRT hingga stasiun Masjid JAmek, lalu nyambung ke KL MRT dari ke arah KLCC.. Lagi-lagi saya iri sama negara itu. Kota KL yang macet dan sumpek ternyata memiliki
transportasi publik yang bisa diandalkan. KL sudah punya LRT, MRT, dan Monorail..
Lalu Jakarta kapan?

Oiya karena terlalu malam, kami cuma sempet melihat petronas dari belakang suria KLCC, dan tidak di depannya.. Sempet sebel sih, tapi berhubung malam itu kami pergi bareng-bareng satu keluarga lain yang temen jauhnya mas Ollie, jadi ga bisa berlama-lama juga..

Yah mal KLCC itu bagi saya cukup bagus, mirip2 pim tapi lebih kecil.. cuma masih kalah lah sama GI, mal favorit saya.. *halah*

Tapi tetap saja dari segi transportasi publik Jakarta KALAH JAUH dari Kuala Lumpur.. Dan itu bagi saya cukup membuat sedih.. Sedih karena kalah.. :(

Unknown said...

Saudari, kami minta maaf ya... mungkin orang Malaysia melihat saudari seiras dengan rakyat Malaysia.. jadi sebab itu ga bisa ditolongi... huhuhu... dan Maaf sekali lagi Ya untuk pembetulan.. MRT Malaysia belum wujud lagi.. yang saudari maksudkan itu adalah LRT..., LRT Putra dan LRT Star, kedua-duanya LRT..., MRT Malaysia sedang dibangunkan.. untuk info lebih lanjut tentang MRT Malaysia.. boleh klik disini: http://www.mymrt.com.my/my/project-updates... ini gambar2 perkembangan kemajuan projek MRT Malaysia..., Sekian Terima Kasih, semoga datang lagi ke Malaysia...

Maaf mbak, kalau mall di KLCC memang gak besar-besar amat. Kapan mbak ke Malaysia lagi, mbak bisa ke Mid Valey Megamall, mall paling besar di Asia Tenggara. Wajah mbak kayak orang Malaysia, jadinya semua orang kira mbak udah tau mau ke mana..

saudari tak perlu rasa kalah dengan apa yg telah malaysia miliki terutamanya dari segi transpotasi. Cuma perlu belajar dari negara2 maju bagaimana negara2 maju bisa mentadbir negara mereka dgn baik.

Unknown said...

jai said...

Article saudara lebih kepada rasa iri dan emosi daripada rasa seronok travelling ke luar negara.. ni adalah faktor kenapa saydara tidak seronok dan rasa iri kepada malaysia.. tidak semua yg seperti anda sangkakan.. mungkin cara anda beli token di lrt station itu biasa mcm org malaysia.. sebab tu mereka xtahu yg anda dalam kesusahan.. ps.. kalau ada masalah pun kamu boleh tanya kaunter information.. manalah orang ade time nak ambil tahu pasal kamu.. semua pun busy.. masing2 jaga diri.. salam..