Wednesday, September 14, 2011

Lebaran di solo (bagian 2)

sepertinya waktu luang saya (alhamdulillah) banyak hari ini, jadi saya lanjutkan perjalanan liburan lebaran di solo saya bersama muai tercinto.. :D

hari itu, rabu 31 agustus 2011, sebagian besar umat muslim di tanah air yang baru berlebaran hari itu.. solat ied banyak di gelar di masjid2 dan lapangan.. begitu juga dengan di solo, suasana lebaran yang sudah ramai sejak sehari sebelumnya makin ramai..

tapi saya pagi itu terbangun dengan sangat tidak nyaman.. tangan kiri saya rasanya pegel banget, pegel sepegel2nya ampe mau nangis.. *seriusan*

akhirnya setelah subuhan jam 5 lewat, saya tidur lagi (dan melupakan rencana salat ied yang sehari sebelumnya ga ikutan..)

tapi alhmadulillah sih, pas bangun jam 7 an, pegelnya tangan saya sudah mendingan.. meski kemudian pas mandi perut mules tiada tara&sukses diare saja.. :((

baru lebaran hari kedua sudah diare ciiing, dikutuk karena kebanyakan makan semalemnya kali ya?? *OH TIDAK..*

tapi katanya si muai juga mengalami mules yang sama loh.. jadi dengan ini saya menyalahkan SAMBAL BAKSO sebagai penyebab kami mules2, hahaha.
tapi karena ini hari lebaran kedua, dan ada pertemuan keluarga besarnya muai (Trah Haji Abdurrahman Pengging), pagi itu saya menenggak diapet+decolgen sebagai "doping", hohohoho.. *doakan saya yah*

oiya, berbicara soal pertemuan keluarga besar muai, sebenarnya cukup menarik (dan sedikit membuat iri).. Soalnya saat ini sudah tidak pernah ada lagi pertemuan keluarga besar (almarhum ayah) saya.. alasannya simple, para orang tuanya banyak yang udah meninggal, sedangkan anak2, cucu2, cicit2 mungkin ga saling kenal.. :(

eniwei, lanjut ke soal Trah Bani Abdurrahman Pengging.. trah itu memiliki empat keluarga yaitu keluarga Pengging, Grobagan (si mbahnya Muai, H Rosyidi), Wedi, dan Boyolali..

tahun ini tuan rumah pertemuan keluarga besar adalah keluarga boyolali.. pertemuan diadakan di rumah makan super hik, yang notabene milik salah satu anggota keluarga boyolali..

kami berangkat bersama2 dari grobagan naik dua mobil, mobil om sri (om nya muai, adik iparnya bapak mertua) dan mobil awang (sepupunya muai)..

sampai di sana (jujur saja) saya merasa "asing" dan "lost in translation".. lost in translation jelas karena emang bahasanya jawa.. tapi asing karena pertemuan ini kaya pengajian, mulai dari suara ngaji yang disetel di pengeras suaranya.. sampai posisi duduknya laki2 dan perempuan seberang2an.. alhasil saya ma muai duduknya jauh2an.. :((

tapi akhirnya saya nikmatin aja sih.. ini sedikit suasananya..


ditambah lagi dengan selebaran yang dikasih di acara untuk bacaan..


sungguh sangat "mencerahkan" deeh..

saya dan muai akhirnya bbm-an untuk mengurangi kesuntukkan.. *teknologi menyelamatkan kami, uhuy* malah si muai sempet curi2 foto.. dasaaar.. xD


saya sempet nanya sama muai, "kok pertemuan keluarga besar ini ga akrab sih? masing2 keluarga duduk ngumpul sama keluarganya sendiri?

trus muai juga mengakui kalau emang sekarang pertemuan keluarga besar jadi kaya sekedar pertemuan aja.. generasi anak2 dan cucu2 mungkin dah ga saling kenal..

setelah salat dzuhur berjamaah dan suasana makin garing tinggal nunggu pulang aja.. si muai ngambil mic loh.. bukan2 mau nyanyi untungnya.. tapi dia ngomong di depan forum persis seperti yang saya tanyakan, yaitu soal pertemuan yang hanya menjadi pertemuan dan keluarga duduknya juga sama keluarganya sendiri..

wuih.. suami saya sungguhlah inisiatif..

tapi karena dia angkat suara kaya gitu akhirnya pertemuan dilanjutkan dengan perkenalan seluruh anggota keluarga yang hadir sih.. yah, semacam permulaan untuk mengakrabkan diri..

ini saat keluarga bapak mertua maju&difoto.. sayang mba isna (kakak perempuannya muai) beserta keluarganya ga bisa hadir hari itu.. jadi kami foto cuma ber-6 (dari harusnya ber-10..)


selanjutnya acara diakhiri dengan salam2an seluruh keluarga besar.. ini rasanya mirip kaya acara halal bihalal di se-RT yang biasanya dilakukan abis solat ied di jakarta..

dari sana, rombongan keluarga besar Rosyidi sempet mampir ke rumah salah satu sanak saudara yang sedang sakit di pengging.. saya jujur aja sama sekali gatau itu siapa, muai aja lupa sodara yang sakit itu masuk di keluarga besar mana.. tapi yang bisa dinikmati di sana adalah rumah si om itu punya halaman luas dan pemandangan sawah yang syahdu.. menyenangkan kali ya punya rumah dengan pemandangan sawah??

eniwei, kerempongan sempat terjadi karena jaket yang saya bawa ketinggalan.. kenapa bisa ketinggalan?? itu adalah penyakit lupa.. hiks..

karena itu saya&muai tukeran naik mobilnya awang yang berbaik hati mau nganterin sebentar ke tempat acara halal bihalal.. meskipun sepanjang perjalanan si awang bolak-balik ditelpon disuruh sempet sampai solo karena harus jemput rombongan om nas&keluarga di stasiun balapan..

setelah menjemput om nas&rombongan di stasiun balapan, saya&muai trus juga om dayat,bule' nini, dan rauda ngalah kita ga naik mobil balik ke grobagan.. kami naik becak, uhuy.. :D


yeah.. keliatannya becaknya agak sempit ya.. :)) tapi naik becak tuh menyenangkan yah.. meski agak horor pas abangnya tetap belok kanan meskipun lampu merah..


***


setelah beristirahat&ngobrol2 sebentar di rumah mba isna (kakaknya muai) di grobagan, kami malam itu jalan2 wisata kuliner lagi, hohohoho..

kali ini pilihannya adalah sate kambing+tongseng di daerah pasar kliwon.. trus dilanjutkan minum susu segar dingin di shi jack.. *hip banget deh shi jack ini..*

hari kedua lebaran diakhiri dengan badan pegal2 akut tapi alhamdulillah bahagia..

ps: foto-foto: @panicihuy dan FB BANI ABDURRAHMAN PENGGING Community

sampai jumpa di bagian tiga nya..

No comments: