Tuesday, February 23, 2016

Kena juga flu rame-rame.. *sigh*

Beberapa waktu lalu, salah satu sahabat saya galau berat saat anaknya sakit panas, batuk, pilek ya ga sembuh-sembuh karena anaknya ga mau makan. Jangankan makan, minum air putih aja ga mau. :(

Saya yang waktu itu belum lama pulang mudik dari solo sempet ngebatin, "Ya Allah, mudah-mudahan kami sekeluarga sehat-sehat terus ya.. Terutama jibril.."
Kesehatan jibril sehabis dari solo itu bisa dibilang cukup baik. Meski beberapa hari awal dia banyak tidur dengan rentang yang lebih lama dari biasanya. Cuma  ya Alhamdulillah baik-baik aja. Asupan makannya dia tetep harus ada sayur+buah setiap hari.. Alhasil di musim hujan dan musim flu ini, daya tahan dia baik..

TAPIIIII ternyata cuma memastikan kesehatan jibril baik itu ga cukup.. Karena sebenarnya yah, yang menjaga daya tahan tubuh itu seharusnya bukan cuma jibril kan? Saya sebagai ibunya seharusnya juga menjaga asupan makanan harus ada sayur+buah setiap hari kan?
Ya kan? *perlu banget diulang*

Sayangnya, meski aktivitas saya langsung banyak, nengokin rumah di jonggol naik motor sama muai (dan keujanan), kerja ngorlip (2x seminggu), sempet piket di awal februari, kuliah seminar tesis yg demanding, plus mulai bimbingan tesis, asupan makanan saya kayaknya kurang bener.. Jarang makan sayur, buah, makan yang pedes-pedes, panas, santan, dsb.

Hingga akhirnya Jumat (19/2) kemarin saya kolaps. Demam tinggi, kepala pusing, tenggorokan sakit, mulai batuk, gas naik, yang membuat saya akhirnya ga kuliah (padahal kebetulan saya dapet libur jumat-sabtu).. Akhirnya saya sampe ke UGD RS MPH yang entah kenapa kali ini saya agak sebel sama dokternya yang mengumbar begitu banyak obat.. Akhirnya ga semua obat saya tebus dN saya pun beristirahat di rumah..

Nah, sabtunya itu kan saya seharian di rumah.. Yang ada jibril itu nemplok terus sama saya.. Padahal badan saya lagi panas dan dia ga panas..



Saya bahkan sempet bikin selfie 19 bulan vs 5 bulan saking si jibril nempel melulu kaya prangko.. 

Hingga akhirnya ceritanya pun mulai ga asik, saat panas saya turun dan dia mulai sumeng.. Daaan kejadian juga di hari minggu, saya masuk kerja krn memang harus masuk dan jibril hari minggu itu panas.. :(

Karena di kantor, saya ga terlalu mantau panasnya jibril. Ya g saya tahu, dia menolak diminumin sanmol sampai 3x.. Setiap diminumin selalu muntah, dan memuntahkan semua isi perutnya.. *kaya aksi protes gitu*

Sampe rumah habis belanja pampers di superindo, saya ngeliat jibril sudah panas banget badannya.. Saya pun menyusui dia, cuma sebelah larena kemudian dia lepas dan dia tidur..

Tapi kemudian jam22.30 tiba-tiba jibril menggigil.. Muai sontak panik, saat itu saya lagi solat dan nanggung untuk membaralkan solat.. Selesai solat saya pun sedih mengucapkan istighfar karena jibril seperti tidak mau merespons, hanya merintih-rintih saja :'( 

Malam itu kami memutuskan membawa jibril ke UGD. Tapi entah kenapa taksi yang kamu pesan ga datang2 sampai jam23.30. Kami pun meng-cancel-nya dan memesan uber yang ternyata cepat datang ya..

Malam itu kami ke UGD RSPI puri Indah. Alhamdulillah itu keputusan tepat krn jibril langsung ditangani. Ketika suhunya diukur, suhu badan jibril mencApai 39,9 derajat. Hal itu yang membuatnya menggigil.. Meski begitu dokter jaganya baik dan tidak membuat panik. Perawatnya baik dan jibril dibasuh/dikompres pake waslap dan air hangat. Setelah sebelumnya diberikan obat demam via anus. 


Ya Allah.. Itu menjadi malam terpanjang bagi saya dan muai.. 

Selama menunggu diobservasi, jibril menolak minum air utih. Saya pun sempat sedih meski akhirnya, untungnya dia mau nenen.. Walaupun ga lama hal itu cukup untuk membuat dia ga dehidrasi, panasnya menurun, dan dia pipis dan pup.. Kata dokter sih hal itu justru baik karena demamnya akan berangsur2 turun.. Selanjutnya kami diperbolehkan pulang.. Diresepkan obat panas yg dimaksukkan ke anus dan obat batuk..

Pukul 01.00 kami sampai rumah.. Namun ketika jibril dan bapaknya sudah lelap sekitar pukul 02.00, saya tidak bisa tidur.. Saya merasa dehidrasi yang menyebabkan pips saya pekat.. Nampaknya saya lupa minum banyak padahal seharusnya minum banyak.. :(

Esoknya pukul 04.00 pagi jibril mulai rewel. Saya sangat lemas tapi untunglah mamah saya sudah bangun, sehingga dia yang membantu menenangkan jibril yang panasnya naik lagi..

Hari senin (22/2) siang, Alhamdulillah jibril sudah mula bisa diminumkan sanmol, meski tetep drama. Alhamdulillah juga dia makannya bagus jadi meski suhu badannya masih 38 derajat, kemudian turun saat diberi sanmol jadi 37, saya cukup lega..

Hari ini saya pun mengambil jatah off.. Kalau-kalau musti membawa jibril tes lab (yang alhamdulillah spertinya ga perlu.. Amiiin..) tapi yang terjadi hari ini saya justru diare.. :'( padahal saya ga makan aneh2.. Tapi mungkin juga karena masuk angin, kecapean, dll saya jadinya diare.. 

Bukan hanya saya yang sakit ternyata. Muai ternyata mulai demam, hiks. Kelihatannya daya tahan tubuh dia jebol juga setelah menghadapi saya sakit, kemudian jibril sakit, hiks.

Baru kali ini saya merasakan sakit menular ganti-gantian di keluarga muaipani.. Hiks.. Bisa aja sih nyalahin cuaca, lagi musim penyakit, dll.. Tapi sebenarnya itu yang salah bukan cuacanya, bukan musimnya, tapi saya nya yang ga jaga asupan makan, hiks..

Akhirnya.. Meski kami sekeluarga belum sembuh, saya berharap hal ini jadi pelajaran sih.. Ibarat lagi penerbagan, terus tekanan udara berkurang tiba2.. Masker oksigen akan turun otomatis.. Yang harus dilakukan adalah memakai masker oksigen kita dulu, baru menyelamatkan orang-orang kesayangan di sekitar kita.. 



No comments: