Tuesday, August 22, 2017

kali ini soal milestone si bocah aka Jibril..

halo ketemu lagi dengan tulisan "kali ini soal".. hehehe.. udah lama (banget) ya ga nulis soal ini, maklum deh (sok sibuk gitu saya sama dunia nyata, jadi dunia blogging terbengkalai.. #apeu

Saya menulis soal milestone karena beberapa hari lalu grup busui di kantor lagi ngebahas soal kontroversi artis/selebgram/penyanyi yang menggunakan metode BLW (baby lead weaning) ke anaknya yang kini berusia 7 bulan. Jadi ceritanya ada cuitan seorang dokter di twitter yg nyinyir banget mempertanyakan akankan ada peningkatan tren bayi yang harus menjalani operasi karena ususnya terlipat akibat menelan makanan besar/keras yang belum saatnya/belum bisa dicerna oleh bayi setelah si mbak artis ini mempraktekkan metode BLW secara berlebihan ke bayinya..

saya awalnya sempet,"Heh, lebay amat sih.." (baik si mbak artis maupun kenyinyiran dokternya)

Saya jujur bukan penganut BLW sih, karena pernah dicoba dan kala itu jibril sepertinya belum bisa mencerna dengan baik.. dia "hoek" dan kesian aja makanannya ga tertelan.. pernah dia makan sop yang ada pipilan jagungnya.. dan yang terjadi adalah di pup nya ada pipilan jagungnya.. *true story* hahaha, maaf ya jibril.. Jadi sampe sekarang saya masih menggunakan metode spoon feeding dan Alhamdulillah anaknya sudah mulai mau makan sendiri di beberapa kesempatan (kayak makan buah dan waktu makan bersama di sekolah..) Yah perlahan tapi pasti lah..

Saya ga anti BLW sih.. karena menurut saya memang ada bayi2 yang lebih suka/cocok dengan metode tersebut.. cuma ya kalau saya mungkin belum mampu karena masalah keterbatasan tempat, masalah soal bersih2 saat makanan berceceran, dan kesehatan jiwa biar ga marah2 karena makanan berantakan *ehem* untuk menerapkan metode tersebut..

Trus apa hubungannya sama milestone Jibril?

Nah ini.. haha.. ketika saya dapet tautan soal mbak artis itu saya sempet mikir, "Alhamdulillah ya saya udah melalui fase mompetition saat awal2 kehidupan jibril.. yang bawaannya baper kalau anak lain udah bisa ini itu sementara jibril belum.. sekarang sih saya lebih santai dan berusaha insya allah terus meningkatkan potensinya jibril.."

Kalau saya menengok ke masa lalu *halah*.. usia jibril 0-1 tahun itu dipenuhi oleh kebahagiaan ketika dia sudah mulai bisa angkat kepala, tengkurap, merangkak, duduk, dan belajar berdiri.. tapi kemudian kekhawatiran muncul saat dia sudah lewat setahun tapi belum bisa jalan sendiri.. memang dia merangkak cepat sekali, tapi kok belum jalan2? akhirnya di usia 14 atau 15 bulan jibril bisa jalan.. Alhamdulillah..



saat itu jujur saya juga sempet gemes.. kok jibril kemampuan fisiknya cepet (tengkurap, merangkak, duduk, dll) tapi kok jalannya lama sih? tapi akhirnya saya mengucap syukur karena dia bisa jalan.. mengucap syukur karena setiap anak berbeda2 toh?


lalu saat usia jibril 1-2 tahun, milestone yang diharapkan itu si bocah sudah mulai mengoceh.. tapi kok dia lama ya ngomongnya? kadang bisa ngomong bapak, mbah, makan nai (nasi), andi (mandi), dan beberapa kata lainnya. Meski kata 'ibu' belum terucapkan dengan jelas, zzz..



hingga saat dia berusia 2 tahun dia sudah bisa bicara, "bapak bapak bapak" atau "makan makan makan" tapi belum bisa merangkai dua kata seperti anak-anak seusianya.. Akhirnya seperti saya tulis sebelumnya di sini, saya dan muai membawa jibril ke klinik tumbuh kembang.. dan setelah kurang lebih 3 bulan terapi akhirnya jibril bisa berbicara merangkai 2-3 kata..



Tapi lagi-lagi saat itu (alhamdulillah) saya enggak ngerasa kompetitif lagi dengan ibu2 yang anaknya udah lebih pinter.. ya daripada kita misuh2 melulu lebih baik kita menyelesaikan permasalahan bukan? lebih baik kita memperjuangkan dan mensyukuri apa yang kita punya daripada terus membandingkan2kan dengan apa yang dipunya orang lain? *mendadak bijak*



sebab Alhamdulillah jibril bener2 mengerti ibunya.. dia bisa disapih di usia dua tahun loh.. tanpa terlalu banyak drama.. mungkin itu milestone yang bisa saya banggakan/syukuri..

lalu milestone saat dia di usia 2-3 tahun.. kapan toilet training? sejak jibril usia 2,5 tahun saya&muai memang sudah memulai program toilet training untuk jibril.. dengan membeli urinator kecil, dan training pans.. Tapi ya masih maju-mundur juga hingga dia hampir berusia 3 tahun dan kita mulai merasa 'malu' saat ke toko pakaian anak lalu mbak SPG-nya bilang,"eh kok masih pake pampers?" *duar* selamat ya pak, bu, anaknya udah dianggap terlalu gede tuh untuk pake pampers.. zzz...

lagi-lagi, saya sempat stress sih saat jibril bisa 5x pipis setelah mandi hingga celana pendeknya habis dan akhirnya saya menyerah untuk makein dia pampers lagi. Seperti deja vu saat Jibril berusia 4 bulan dan saya akhirnya menyerah pakai popok kain&clodi karena setelah mandi pagi jibril bisa pipis 5x berturut2..

Tapi akhirnya perjuangan ga sia-sia kok.. menjelang ulang tahun ke-3 jibril, anaknya tiba-tiba dan ngerti ngomong kalau mau pipis.. Ya meski masih terjadi sih dia ngompol saat tidur karena kecapean, atau kebanyakan minum, atau bapak ibunya lupa ngajak dia ke toilet, tapi secara umum Jibril udah ngerti konsep ke toilet untuk pipis maupun pup..

bagi saya itulah milestone jibril di usia tiga tahun.. Alhamdulillah sudah lulus toilet training..

Milestone mungkin bisa sangat luar biasa ya.. seperti IQ anaknya 200, bisa lulus seleksi olimpiade fisika/kimia/biologi, you name it.. Tapi kan ga semua orang kayak begitu ya? Ga semua orang itu pinter banget, cerdas banget, luar biasa banget.. Tapi di sisi lain, kita juga kadang ga melihat hal2 yang mungkin 'biasa aja' bagi kita, padahal bagi orang lain itu sudah luar biasa.. *apa sih ini kok ngelantur*

Jadi inti dari tulisan ini adalah saya ingin mengingatkan diri untuk selalu bersyukur bersyukur bersyukur.. karena dengan bersyukur, semua hal terasa lebih bermakna.. ya ga sih? *udah iya in aja ya, hihihi..*



PS: enggak kok, jibril belum bisa main piano.. hahahaha..



No comments: