Friday, August 31, 2012

Open House Lebaran di Joglo.. :D

Lebaran selalu identik dengan silaturahim dengan keluarga. Dulu saat mbah kakung dan mbah putri (dari pihak mamah saya), dan juga ayah saya masih hidup, selalu ada acara sungkeman ketika lebaran. Setelah sungkeman dengan mbah kakung dan mbah putri, kami melanjutkan silaturahim di rumah kakak tertua ayah saya. Begitu setiap tahun.

Acara sungkeman akhirnya berakhir diadakan setelah ayah saya, dan menyusul mbah putri meninggal tahun 2008. :( Sementara acara silaturahim di keluarga ayah tetap berlangsung setiap tahunnya. Setelah saudara sekandung ayah saya tiada, acara silaturahim diadakan Bude Mimi, istri Pakde Gurit kakak ayah saya.

Akan tetapi tahun lalu, ketika saya berlebaran di Solo, Bude Mimi mengamanatkan acara silaturahim lebaran untuk digelar mamah saya. Keliatannya dia sudah terlalu lelah untuk mengadakan acara tersebut. Dengan demikian, tahun ini menjadi tahun pertama saya untuk membantu mamah mengelar silaturahim saat Lebaran.

Menjadi tuan rumah yang mengadakan "Open House" itu ternyata pusingnya menyaingi pusingnya mahasiswa ngadepin skripsi ya.. *sotoy banget kaya pernah ngambil skripsi aja, haha* :)) Engga segitunya ding, tapi memang cukup melelahkan secara fisik, mental, dan finansial.. *duile*

Pusing pertama dimulai dari makanannya.. Keluarga yang akan datang ke rumah mungkin ga akan lebih dari 40 orang.. Trus kalau lebaran menu makanan yang makanannya standar yaitu harus ada ketupat/lontong, opor ayam, sayur, sambal goreng ati, rendang/semur.. *Err banyak juga ya kalau disiapin sendiri??? xD

Akhirnya mamah saya cerdas sih, doi tahun ini sama sekali ga masak sendiri, tapi mesen hidangan2 lebaran sama kawan pengajiannya, bu sofyan.. Si bu sofyan ini bikin hidangan masing2 untuk 30 porsi. Tapi kalau dikira2 bisa untuk 60 orang.. *secara banyak bener boi* Trus dia juga ngasi bonus puding buah cup..

Trus untuk ketupat&lontong mamah saya pesen sama mpok sati, doi itu tukang kue keliling yang emang sejak beberapa tahun terakhir selalu dipesenin lontong&ketupat sama mamah saya..


Setelah beres masalah pertama, mamah ternyata pengan hidangan yang ada ga cuma hidangan khas lebaran aja.. Jadilah doi mesen siomay-nya mas agus yang cihuy, dan juga nyiapin bakso. Baksonya mamah saya ini sebenernya bakso siap masak yang udah dibungkus itu, tapi dia pasti milih bakso yang paling enak di pasar yang harganya Rp40 ribu sebungkus (isi 50 bakso), dan juga membuat kaldu rahasia.. <--lebay :)) Lalu yang terjadi di hari lebaran sudah bisa ketebak, menu bakso dan siomay paling laku.. *yaeyalaaaah..* orang nampaknya mencari makanan selain ketupat dkk.. Selain bakso dan siomay, sepupu saya ada yang membawa asinan, jadilah makin banyak alternatif makanan di luar ketupat and friends..




Selain makanan makanan, yang masuk hitungan saya harus ada juga adalah kue2 kering lebaran, kacang goreng bawang, minuman seger2 (semacam punch), dan juga air mineral.. Kurang lebih kira2 begitu deh.. *yang ini saya lupa moto..*

Tapi ada yang bener2 beda di persiapan lebaran tahun ini. Muai ngajakin saya untuk beli bunga segar di pasar bunga rawabelong. Di keluarga saya ga pernah tu ada tradisi beli bunga segar, yang ada beli bunga tabur untuk nyekar di makam.. Jadilah saya ngerasa "festive" banget malam takbiran nyempetin beli bunga di pasar bunga rawabelong..
Dan inilah bunga pilihan kami untuk dipajang di hari lebaran..


bunga yang pink itu lily, yang putih bentuk terompet saya ga tau namanya, tapi menurut saya cantik aja.. :)

Selain itu, ponakan saya juga ada yang bawa cake lebaran.. lucu deh bentuknya.. rasanya juga lucu, rasa lemon, jadi ga terlalu mahtekh gimana gitu..


Saya sempat membuat beberapa foto sanak saudara yang hadir hari itu.. Salah satu hal yang saya lupa adalah foto bersama semua tamu-tamu yang hadir.. yah tahun depan seandainya jadi tuan rumah lagi, saya ga lupa deh foto bareng2.. :D







Selain foto-foto para tamu, saya juga foto-foto hal-hal yang mengemuka.. *apasih..* yah pokoknya foto-foto iseng lah.. :D




Selain itu, suasana open house yang meriah juga diisi oleh keriaan ponakan2 saya.. Seneng deh ngeliat mereka, bikin cuaca yang panas terik cantik itu makin ceria..




Hari menjelang sore.. perlahan semua tamu beranjak pulang..


Ternyata ada yang sedih ketika para tamu pulang..


Akhirnya open house perdana di joglo selesai.. Di sini saya pamerkan para personil yang turut mensukseskan open house perdana di joglo..

Mereka adalah..

mamah saya yang paling baik sedunia..


kakak saya&anaknya yang gaya..


saya sendiri.. :D


dan muai suami saya..


Meski masih banyak kekurangan di sana-sini, Alhamdulillah sebagai newbie penyelenggara "Open House" keluarga kami sudah cukup mumpuni lah *duile..

Eniho.. Minal Aidin Wal Faidzin ya, mohon maaf lahir dan batin..

No comments: