Monday, June 18, 2012

Kembali ke Dapur untuk Cumi Saos Padang :D

Udah lama juga ya saya ga buat tulisan masak-masakan di blog ini.. Mumpung tulisan liburannya belum sempet dilanjutin, mari kita intermezo dengan resep super ciamik, Cumi Saos Padang.. :D

Hari ini, Senin (18/6) pukul 11.00, tumbenan banget mamah nanya ama saya, "Dek, waktu itu cumi saos padang bumbunya apa aja?"
saya yang baru tidur jam 5 pagi abis nonton pertandingan portugal vs belanda males-malesan jawabnya, "Entar dulu ya, mah.."

Tapi setelah Muai (tiba-tiba) disibukkan dengan pekerjaan dan langsung buka laptop di sebelah saya, nyawa saya pun ngumpul dan langsung browsing resep-resep cumi saos padang di berbagai blog masakan.

Ada beberapa versi resep cumi saos padang sih, tapi akhirnya saya memutuskan bahwa bumbunya cumi saos padang itu mirip-mirip bumbu balado, cuma dia ditambah saos sambal, saos tomat, saos tiram, dan maizena.

Tapi untuk resep cumi saos padang saya hari ini adalah..

Bahan-bahan:
1. Cumi 1/4 kilo, cuci bersih, buang tintanya, potong seperti cincin.
2. Cabai merah besar 5, direbus. (kalau saya tadi di rumah cuma ada 2 cabe merah besar, sisanya cabai hijau besar)
3. Bawang merah 5 siung (kupas kulitnya, potong kecil-kecil)
4. Bawang putih 3 siung (kupas kulitnya, potong kecil-kecil)
5. Daun salam dan sereh
6. saos sambal 2 sendok makan, saos tomat 2 sendok makan (saya ga pake karena lupa), dan saos tiram (saya ga pake karena di rumah abis)
7. maizena 2 sendok makan, larutkan air.

Cara membuat:
1. Blender bumbu cabai merah&cabai hijau yang sudah direbus, bawang merah, dan bawang putih sampai halus.
2. Tumis bumbu yang sudah diblender, masukkan daun salam, sereh, garam 1/2 sendok makan, gula satu sendok makan. Tambahkan air, tambahkan saos sambal, aduk-aduk hingga ga lagi kecium bau bumbu mentah.
4. Setelah bumbunya harum, masukkan cumi. Cumi ini ternyata akan mengeluarkan air, jadi tunggu hingga mendidih, dan ketika kuahnya tinggal sedikit masukkan maizena yang sudah dicairkan, aduk-aduk hingga tanak, dan cumi saos padang siap disajikan.

Ini dia penampakannya..



Mungkin ga terlalu oye gambarnya karena motonya cuma pake BB.. Cuma rasanya beneran enak kok.. :D *memuji masakan sendiri.. Kalau ga percaya tanya aja muai dan mamah saya, hehehehe.. :))

Selamat mencoba..

No comments: