Wednesday, August 09, 2017

Maret: Bulan Impulsif..

Demi melanjutkan cerita mengenai apa-apa saja yang menjadi higlight tahun ini, saya melanjutkan menulis di blog ini..

Sebelum saya mulai, FYI, Jibril sekarang udah 3 tahun..
CAN YOU IMAGIME? My baby is no longer a baby, but will always be my baby.. *Apasih*
Pada tanggal 18 Juli kemarin saya membuat nasi kuning, ayam goreng, mie goreng, dan perkedel.. Saya bikin sop juga biar ga seret, haha.. Plus pelengkap telor dasar suir buatan mamah dan abon mesran yang enak banget oleh-oleh dari solo..

happy birthday jibrill.. semoga kamu menjadi anak soleh kebanggaan ibu&bapak ya...

***

Oke... Marilah kita flash back ke bulan maret 2017..

di bulan maret itu ada dua hal spesial untuk muaipani family setiap tahunnya.. pertama, tanggal 13 itu anniversary muaipani yang tahun ini menginjak 7 tahun.. *whooohoo..* dan yang kedua adalah tanggal 30 atau hari ulang tahunnya ibu pani yang ke... *isi sendiri* ahaha..

Tahun ini kami kembali melirik2 tanggal, merencanakan liburan beberapa saat, dan menghabiskan uang membuat memori baru.. Setelah maju mundur mau ke dieng atau enggak karena ada berita longsor dll.. sempet mau ke bali pas nyepi tapi akhirnya batal karena takut zonk padahal udah mahal2 beli tiket.. akhirnya kami pun memutuskan perjalanan ke magelang - wonosobo - dieng - jogja - solo..

Perjalanannya cukup menyenangkan terutama saat di magelang.. Kami menginap dua malam di Hotel Puri Asri yang suasananya resort dan santai banget.. Seneng deh di sana.. tiap pagi dibangunin soang-soang.. naik perahu bebek.. ngeliatin jibil&muai berenang.. ngeliatin jibril main sepeda.. ditraktir spa sama muai.. dan sempet keluar hotel untuk nyobain kupat tahu mangelang..

sungguh hari ulang tahun yang santai menyenangkan..

***

Di hari ketiga, kami pun melakukan perjalanan ambisius magelang - wonosobo - dieng - jogja.. perjalanannya cukup menyenangkan dan menantang karena ternyata jauuuuh ya boook.. mungkin harusnya nginep sehari di dieng, biar ga terlalu lelah di perjalanan.. tapi karena kami sudah booking hotel di jogja (karena selanjutnya akan mengakhiri perjalanan di solo), kami pun melakukan perjalanan ambisius itu..

Kami hanya melalui wonosobo untuk sampai ke dieng.. di dieng hujan deras ketika kami datang.. jadi setelah menunggu bapak muai (dan pak sopir jumatan), kami berteduh di sebuah warung bakso sekalian makan siang di sana.. Selanjutnya kami memasuki kompleks Candi Arjuna.. Rasanya sungguh berbeda dengan ingatan saya 25 tahun lalu.. kayaknya dulu candinya berantkan dan berbukit-bukit untuk menuju ke sana.. kenapa kok sekarang rasanya rapi?

dari candi arjuna kami bergeser ke kawah sikidang.. tapi hujan turun lagi.. akhirnya kami menuju ke teater, tapi jibril uring-uringan.. ya akhirnya kami kembali lagi menuju kawah sikidang.. akhirnya pun jibril tidak turun dari mobil.. saya dan muai pun bisa naracap sejenak, haha..

selesai berjalan-jalan dan berfoto, hari menjelang sore dan kami pun melapar kembali.. akhirnya kami mampir ke satu warung untuk menjajal mi ongklok yang selalu disebut-sebut makanan khas dieng.. seperti apa rasanya mi ongklok??? ya gitu deh.. hahahaha.. yang membuat istimewa itu memang satenya.. hihihi...

selesai makan kami mampir ke gardu pandang di wonosobo.. muai mengambil banyak gambar di sana.. sementara saya di mobil saja karena kuping saya mulai sakit pengauh dari pilek dan ketinggan lokasi dieng.. berasa kayak lagi naik pesawat menjelang mendarat.. sakit banget rasanya kuping saya..

akhirnya setelah perjalanan yang panjang menuju jogja, kami pun mendarat di greenhouse boutiqe hotel di daerah Prawirotaman.. Pemilihan hotel yang kekinian dan Alhamdulillah kasur hotelnya enak banget.. Malam itu kami makan malam memesan room service.. harga kafe lah makanannya.. tapi daripada mesti keluar lagi kan, mending kami makan di kamar lalu beristirahat..

***

Hari keempat rencananya kami mau ke taman pintar untuk membeli buku, ke pantai parangtritis dan diakhiri bermalam di solo di rumah bapak mertua.. nah, di hari ini saya ngerasa agak menyesal karena tidak memperhitungkan dengan seksama kondisi jibril yang kelelahan setelah perjalanan panjang sehari sebelumnya..

hal ini dimulai sejak sarapan, jibril agak males-malesan makan.. ya mungkin karena sarapan di hotelnya cukup 'seadanya' sih ketimbang sarapan di puri asri yang wah lengkap banget dan enak2.. kata mamah sih jibril mau makan pasta sisa semalam yang menurut mamah juga masih enak.. Hotelnya sendiri sih enak2 aja.. ini penampakan dari lobby pas kita mau pulang..

Menjelang check out, jibril baru aja tidur.. dan di sinilah drama dimulai.. Mungkin (seandainya bisa)saat itu kita late check out aja ya.. biar jibril tidur dulu, istrirahat dulu.. tapi karena menganggap ga ada apa2 yang serius, kami pun langsung jalan ke gudeg yu djum untuk makan siang (dan jibril saat itu sama sekali ga mau makan).. Kami makan di warung yu djum yang di widjilan.. menurut saya dan muai kok rasanya lebih enak yang deket UGM ya.. *apa perasaan aja?*

lanjut ke taman pintar.. di taman pintar jibril sempat berangin2 saat diajak main air.. harusnya klo saya ngerti, dia ga usah diajak main air karena kan belum makan siang... zzz.. setelah itu hujan gerimis, jadi mau main (semacam) arung jeram kecil ga bisa..

ini foto jibril sebelum diajak main air..

karena gerimis, kami pun beranjak ke deretan toko buku di sebelah taman pintar.. membeli beberapa puzzle baru untuk jibril dengan harga lebih murah dari Asemka.. *yay* dan impulsif membeli beberapa buku lainnya..

setelah puas belanja buku, saya pun menelpon sopir rental yang parkir di tempat lain.. di WA dan sms ga bales.. lalu ditelpon ga diangkat2.. mulanya saya biasa2 aja sampe akhirnya mulai panik, marah, dan memaki2 karena semua koper dan barang kita ada di mobil itu.. saya cuma bawa tas kecil yang isinya baju jibril dan dompet.. sementara barang2 lainnya ada di mobil semua..

ASTAGHFURULLAH..

saat itu saya dan muai mulai bt dan panik.. kami pun menelpon rental dan ga diangkat2 juga.. ada beberapa nomor telpon kami coba semua hingga ada satu nomor telepon yang menjawab..

setengah jam kemudian nomor itu meng-sms dan bilang bahwa si sopir sudah bisa dihubungi.. saya pun menghubungi dia minta dijemput di parkiran toko buku sebelah taman pintar.. 15 menit kemudian dia dateng dan meminta maaf karena ketiduran di parkiran kraton..

saya saat itu sunggulah malas, begitu pun muai.. kami berdua pun cuma bilang ke sopirnya untuk berangkat ke parangtritis.. Saat itu kami berdua lupa bahwa sebenarnya ada masalah lainnya yaitu jibril mulai pucat, lemas, dan ga mau makan..

Saat kami sampai di parangtritis jam4 sore dan jibril malah tidur, lemas ga mau makan, cuma mau minum air kelapa muda dan akhirnya jackpot.. hiks saya ampe kesel rasanya kenapa sih dia gamau makan.. (ya mungkin karena emang dia kelelahan dan tenggorokannya ga enak kali pan.. zzz) Akhirnya saya dan muai hanya mengambil beberapa foto di saat matahari udah tergelincir ke barat.. *ya daripada ga ngapa2in di pantai kan..*

Selesai dari pantai, kami menuju solo.. saya bilang ke pak sopir untuk mampir ke Mc D karena di saat ga enak badan biasanya jibril masih mau makan french fries.. Memang dia mau makan kentang goreng itu.. cuma di mobil dia masih sekali lagi jackpot.. hiks..

Malam tiba di solo ternyata bapak cuma sendiri di rumah karena mas iwan (kakaknya muai) sekeluarga sedang ke daerah prambanan karena bapaknya mbak umi terserang stroke.. Malam itu pun jibril demam tinggi.. karena masih ga mau makan, saya minta muai beli obat penurun panas yang dimasukan via anus.. sebab jika tidak jibril harus dibawa ke UGD karena dia punya riwayat kejang saat demam tinggi..

hari itu malam minggu.. seharusnya kami akan balik ke jakarta hari minggunya.. tapi karena saya merasa jibril harus istirahat dulu, akhirnya kami menunda pulang menjadi senin meskipun rugi karena tiket cuma bisa di-refund setengahnya harus nambah izin satu hari.. :((

Akhir cerita.. demam jibril mulai turun di hari minggu.. dia mulai mau makan buah naga, walaupun belum mau makan nasik.. saya dan muai pun membawa dia ke dokter anak (Prof dr Harsono Salimo) yang membuat kami bisa bernafas lega..

***

Untuk kejadian-kejadian liburan impulsif di bulan maret, ada beberapa hal yang bisa saya ambil sebagai bahan pelajaran ke depan:

1. Liburan sama anak itu ga boleh ngongso, mungkin kita masih bisa pulang pergi akap pp.. tapi kita mesti ngukur anak kita yang juga kelelahan dan butuh istirahat banyak

2. Sedia buah-buahan sepanjang perjalanan.. Mungkin akan beda-beda setiap anak.. Tapi kalau dalam kasus Jibril, buah adalah makanan yang ga ditolak dan mudah dicerna sama dia saat sakit/males makan.. Jadi setidaknya perut anaknya ga kosong..

3. Selama anaknya belum sekolah (SD), ga perlu kita pulang hari minggu untuk ngejar senin masuk kerja.. soale, tiket hari minggu itu biasanya lebih mahal daripada hari kerja..

4. Enjoy the trip and the togetherness.. :)