Saturday, February 18, 2012

Memasak di akhir pekan..

Bagi saya, akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk memasak.. Selain karena waktunya senggang, personil di rumah pun hampir selalu lengkap.. :D

Sabtu ini saya membuat lontong tahu solo.. Sebenernya klo di solo jajanan sarapan ini judulnya 'tahu kupat'.. Namun, mencari tukang ketupat yang bisa dipesan agaknya lebih ribet daripada mesen lontong ke tukang kue.. Akhirnya saya memilih menggunakan lontong sebagai pengganti kupat..

Cara membuatnya mudah saja.. Hanya memang perlu beberapa tahap untuk bisa menyiapkan lontong tahu ini.. Saya sendiri mencontek resep kupat tahu solo di  blog http://agussetyawan.multiply.com

Tahu kupat solo

Category:     Breakfast & Brunch
Style:     Other
Special Consideration:     Quick and Easy

Description:
Salah satu makanan khas kota Solo, yang menjadi favorite gue. 

Ingredients:
1. Tahu putih kecil, di goreng, potong-potong.
2. Kol, iris halus.
3. Taoge, siangi, seduh.
4. Ketupat, potong-potong
5. Bawang goreng secukupnya.
6. Daun seledri, iris halus.
7. Kacang goreng.
8. Kerupuk udang
9. Bakwan/ote-ote: tepung terigu, kol, taoge, wortel, garam secukupnya dan lada.
10. Saus : - 2 siung bawang putih, haluskan.
- 8 bh cabai rawit merah, haluskan.
- 120 gr gula merah.
- 2 sdm kecap manis.
- 1/2 sdt garam.
- Air secukup nya.


Directions:
1. Bakwan/ote ote sayuran: campur tepung terigu, kol, tauge, wortel, garam dan lada hingga rata, tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata dan kental. Panaskan minyak, goreng adonan sesendok demi sesendok hingga kekuningan, angkat, tiriskan.
2. Saus: campur bawang putih bersama cabai rawit merah( di uleg kasar ), gula merah, kecap manis, garam dan air, aduk rata.
3. Penyajian: susun ketupat, kol, dan tauge, siram saus, tabur seledri, bawang goreng, tahu goreng iris, kacang goreng dan bakwan sayur iris.

Resep ini cukup memberikan pencerahan, meskipun untuk kuahnya, saya menambahkan gula pasir selain gula jawa..
Trus, untuk bawang goreng si muai ga terlalu suka makanan ditaburin bawang goreng.. 



Oiya.. Selain memasak tahu kupat di hari sabtu, jumat kemarin saya juga menggureng tempura.. Ga ada yang terlalu istimewa sih dengan goreng tempura.. Tapi saya suka banget hasil gorengan bumbu mama suka ini *nyebut merek*


plus sama saya sertakan masakan sayur labunya mamah untuk 'teman' makan lontong.. Ihiy..


Selamat makan semuanya.. :D

Sent from my iPad

2 comments:

snd said...

ciyeeeh panii masaaak!!! :D :D

panicihuy said...

saya baru liat comment ini.. iya sind, masak.. kapan2 pengen nyoba bikin bakpau maknyus yg pernah lo bikin jaman kuliah.. :D