Monday, December 06, 2010

Jakarta-Japan: Berangkat dan Kelelahan

Sabtu, 13 November lalu, wapres Boediono bersama rombongan akan bertolak ke Jepang naik pesawat komersil GA884 pukul 23:30.. Waktu yang sangat malam untuk bepergian, cocok untuk bisa tidur di pesawat selama perjalanan 7 jam lebih itu toh???
Tapi ternyata saya tidak bisa tidur sepanjang perjalanan.. Hiks.. Alergi saya (entah alergi apa itu) kambuh.. Badan rasanya panas&gatel2.. Meski gatau juga sih apa itu sugesti, tapi yang jelas saya ga tidur sepanjang malam.. Saya justru malah nonton 'Despicable Me' (padahal udah jam2 pagi WIB) dan juga satu film lagi yg saya lupa judulnya..
Menjelang subuh saya tambah ga bisa tidur.. Padahal kepala udah berat banget rasanya.. Tapi lagi2 meskipun ga bisa tidur, saya justru beruntung dapet 'moment' indah untuk difoto pagi itu..


"Langit subuh dari kabin GA884 judulnya.."

Saya pun bergumam dalam hati,"Insya allah perjalanan ini lancar.."

***

Akhirnya kami tiba di Narita International Airport di Kota Chiba, Minggu (14/11) pukul 09.00 waktu setempat (07.00 WIB). Dari narita kira2 dua jam untuk mencapai yokohama..
Berbeda dengan wapres dan rombongan intinya yang (tentu saja) langsung 'ngacir' ke Yokohama.. Wartawan, dan paspampres+protokol PAM Barang musti melalui pemeriksaan paspor, imigrasi, dll.. Memang karena kami pakai paspor biro, kami tidak perlu antri panjang.. Hanya saja, saya merasa Guide kami dari KBRI jepang yang kita sebut saja Mr.Y sungguh sangat TIDAK MENYENANGKAN dan TIDAK HELPFULL..
Dia terus nyerocos bahwa karena kami terlambat, kami tidak sempat liputan ini, tidak sempat liputan itu, dan hanya ada 5 wartawan yang bisa masuk ke venue acara.. And the bla..bla..bla..
*hadeeeh*

Akhirnya sampai juga di yokohama.. Yang untuk menuju tempat acara kami harus jalan kaki mungkin sekitar 2-3 km ngelewatin mal, hotel, mal, hotel, stadium, convention center, dan akhirnya APEC media center..
Kalau boleh saya berandai2, sepertinya tempat itu seperti HI nya Jakarta tapi semua hotel dan mal disekitarnya terintegrasi yah..

Eniwei, back to the story.. Setelah jalan sangat jauh disertai LO yang menyebalkan, ternyata kami pun telat liputan leaders declaration.. Yaudah abis itu langsung meluncur ke Hotel The Prince Tower Hotel di Tokyo.. *taugasi, saya rasanya 'masih melayang' gara2 kurang tidur&taunya si APEC udah beres aja.. Ga jelas banget deh.. :P

Akhirnya jm15.00 waktu setempat (ws) Pak Boed didampingi menteri2 Bu Mari, Pak Hatta, Pak Agus, Pak Marty, dan Bu Armida preskon tuh.. Lumayan lah, meskipun masih belum tau leadnya apa udah dapat berita 2..

Lanjutlah saya masuk kamar 1519 bersama teman sekamar ketika di china, mba AK. Di situ penghuni kamar bisa langsung pake broadband internet secepat kilat *lebay* dan mendapat pemandangan tokyo tower yang ciamik.. :D



Malemnya liputan masih lanjut dengan silaturahmi wapres sama masyarakat Indonesia.. Daaan yang 'menarik perhatian' dari acara itu adalah rombongan kami makan malamnya kekurangan..
*bukannya ga menghargai KBRI jepang yah, tapi pliss deh, rombongan wapres itu 60 orang masa dia nyediain catering cuma pas untuk 60 orang.. Emang dubes,staff,plus tamu nya ga diitung??? Hadeeeh..
Soalnya menurut informasi dari karo media massa wapres yg dulu kerjanya di biro perjalanan.. Masalah makanan itu yg nanggung nanti adalah Setwapres juga.. Jadi kenapa harus kekurangan??? Emosi jiwa deh.. *pani lapar = sensi..*

Akhirnya hari pertama liputan di jepang selesai jam22.00 ws aka jam20 wib.. Saya kelelahan hingga tepar tertidur pukul 22.00 wib.. -_-zzzz

No comments: