Saturday, January 28, 2012

Balada Udang Balado





Kemarin Jumat (28/1) saya berhasil masak udang balado.. Maknyus banget deh.. *memuji diri sendiri* Sebenernya sih ga balado2 banget karena rasanya pedas manis.. tapi saya cukup puas dengan mmakanan yummy ini.. :D

Catatan soal udang balado kali ini, si Muai bilang daging udangnya kok lembut banget ga kenyal? saya bilang ke dia karena sebelum di balado saya goreng udangnya 1/2 matang. Soalnya mamah bilang kalo udangnya kematengan gorengnya, bumbunya ga meresap.
Tapi muai ternyata lebih suka kalau daging udangnya agak kenyal2 seperti di restoran2. Jadi, ke depan saya akan ikuti selera suami saya itu deh, hahaha..

Keinginan saya memasak udang balado bermula saat hari kamis tanggal 19 Januari lalu, saat koran tempat saya bekerja, Media Indonesia, berulang tahun ke-42. Hari itu cukup menyenangkan. Sebab baru pertama kali sejak saya bekarja di MI, belum pernah saya turut merayakan acara ulang tahun MI di kantor.

Di hari ulang tahun yang paling menarik hati tentu saja makanannya.. *ketebak banget* :D Waktu itu, karyawan dapat makan siang McD Fried Chicken, lalu ada eskrim walls, nasi tumpeng pertama, nasi tumpeng kedua, buah2an, cake cokelat, dan cheese cake.
Di nasi tumpeng kedua, ada lauk udang balado yang enak banget. Rasa tuh udang jadi istimewa karen lauk lainnya seperti ayam goreng, empal gepuk, dan lain-lainnya terasa sangat biasa. :P

Dengan berbekal keinginan, ternyata bisa juga saya masak udang balado. Si muai belum juga percaya istrinya bisa masak.. Tapi yang jelas, makin ke sini, saya makin semangat dan tertantang membuat menu2 baru.. aih..

seperti biasa, saya lampirkan resep si udang balado itu..:D

Bahan-bahan:
1. Udang 1/2 kilo, cuci bersih, buang kepalanya, lalu digarami.
2. Cabai merah besar 5, direbus. (untuk yang suka pedes bisa ditambah cabai merah keriting, tapi kalo saya kemarin cuma cabai merah besar aja)
3. Bawang merah 4 siung (kupas kulitnya, potong kecil-kecil)
4. Bawang putih 2 siung (kupas kulitnya, potong kecil-kecil)
5. Daun salam, Laos, Sereh (kalau kemarin saya ga pake karena di dapur ga ada persediaan, haha)
6. Petai sebagai tambahan dan penguat rasa (kalau ga doyan ga usah juga gapapa)

Cara membuat:
1. Goreng udang yang sudah digarami hingga dia menjadi oranye. Mamah saya bilang goreng udang 1/2 matang agar bumbunya meresap ketika di balado. Tapi suami saya lebih suka udangnya lebih matang lagi. (jadi soal ini sesuai selera)
2. Blender bumbu cabai merah yang sudah direbus, bawang merah, dan bawang putih sampai halus.
3. Tumis bumbu yang sudah diblender, masukkan daun salam, laos, dan sereh, garam 1/2 sendok makan, gula satu sendok makan. Tambahkan air, aduk-aduk hingga keluar minyaknya.
4. Setelah minyaknya keluar, masukkan udang, aduk-aduk hingga tanak, dan udang balado siap disajikan.


doakan saya segera masuk dapur lagi dan membuat masakan istimewa yah.. :D

No comments: