Friday, January 13, 2012

Memasak.. :D

Saya selalu berkeinginan untuk bisa memasak.. Karena saya suka banget makan.. *yea right..*
Dari waktu kecil dulu, saya sangat suka kalau melihat mamah saya masak.. Kayaknya apa aja yg dia masak pasti enak.. Mamah juga sering meminta saya menyicipi masakannya untuk mengetahui rasanya kurang apa atau sudah pas..

Lidah saya pun teruji.. Saya bisa merasakan bahwa masakan itu kurang asin, kurang manis, kurang sedap, dan lain-lain dengan mencicipi masakan..
Tapi di sisi lain, saya jadi malas untuk (belajar) memasak.. Alasannya karena masakan mamah pasti lebih ciamik.. *ini bener2 alasan banget* :P

Namun, akhir-akhir ini saya jadi pengen banget dan termotivasi lagi untuk masalak setelah baca blog-nya 'the cooking wifey' diade riva.. :)
Gilaak itu si diade sampe bisa bikin sate padang segala, hahahaha..

Akhirnya hari ini saya mencoba membuat masakan yang katanya muai dia udah 15 tahun ga makan:
Oseng Tahu Soun Kecap

Dengan mengira2 si oseng ini akan berasa mirip2 tempe orek yg biasa mamah bikin, akhirnya saya ikutbbelanja di tukang sayur&masak.. :D

Hasilnya agak sedikit kurang asin dan kurang manis sih, karena saya ngasih garam&gula pasirnya kurang dikit.. Tapi secara selera, rasanya cukup enak, dan Muai sangat surprise ternyata istrinya bisa masak, haha..

Untuk membuat makin semangat, saya sertakan juga Resepnya:
Oseng tahu soun kecap

Bahan:
1. Tahu putih besar 1, potong-potong bentuk dadu
2. Soun 3 bungkus
3. Bawang merah 3 siung iris halus
4. Bawang putih 3 siung keprak, cincang kasar
5. Cabe hijau besar 5 buah, cabai merah 2 buah, cabai rawit 5 buah iris tipis
6. Daun salam, laos dimemarkan
7. Kecap manis, Garam dan gula pasir secukupnya

Cara membuat:
1. Tahu yang sudah dipotong-potong digoreng dengan minyak panas. Tunggu hingga kuning, tidak perlu sampai kecokelatan, angkat, tiriskan.
2. Masukkan soun di air mendidih, lalu aduk-aduk sampai terurai. Setelah terurai, angkat, lalu tiriskan di saringan. Biar sounnya ga dembleng (menyatu) soun bisa dibilas air dingin.
3. Tumis bawang merah, bawang putih sampai kuning. Lalu masukkan cabai merah, cabai hijau, cabai rawit, salam, dan laos.
4. Setelah bumbu wangi, masukkan tahu, kecap manis sesuai selera, satu sendok makan garam, dan satu sendok makan gula pasir.
5. Masukkan soun, tambahkan air sedikit agar bumbu meresap, aduk-aduk sampai sat.
6. Oseng tahu soun Kecap siap disajikan..

PS: makasih untuk diade yang membuat saya tertantang untuk memasak.. :D


Sent from my iPad

1 comment:

Diade Riva said...

ngahahha..sama-sama pani,kamu hebat sudah bekerja limahari seminggu masih sempat masak-masak. Aku juga mau masak oseng tahu soun kecap ala panicihuy nanti. aku suka sekali soun!