Friday, January 06, 2012

menulis biar tenang.. :)

dua hari lalu saya membaca blog kawan saya yasmina yang bercerita tentang film 'the help'. tulisan yang bisa di baca di sini itu sangat menggugah buat saya..
Soalnya saya jadi penasaran nonton tu film (dan langsung nonton malam itu juga, ampe baru selesai jam 02.30 karena filmnya ternyata panjang), dan saya jadi ingin menulis blog (yang akhirnya saya lakukan sekarang ini)

banyak hal yang pengen saya ceritain sebenernya.. mulai dari cerita soal membangun keluarga, cerita soal transportasi kota, sampai soal pernikahan sahabat esok hari.. cuma karena ke-ngehe-an yang terjadi semalam, buyar lah hal yang sebelumnya ingin saya tulis..
Tapi daripada gairah menulis keburu ilang, sekarang saya akan cerita soal ke-ngehe-an semalam yang membuat saya ga bisa tidur karena rasanya ada yang mengganjal di ujung tenggorokan.. *halah*

cerita soal pekerjaan, kantor, dan dinamika dengan rekan kerja sekantor memang ga pernah ada habisnya.. tapi sebelum saya dianggap 'menyerang' orang lain, saya cerita soal diri saya sendiri dulu..
dulu, ketika saya masih jadi reporter, editor2 saya mengeluhkan betapa susahnya saya dihubungi dari kantor.. kala itu, saya memang emoh banget nerima telpon dari no telpon berawalan 581, 582, 583.. tapi meski ga jawab telepon, saya akan membalas sms jika editor meng-sms saya.. Jika pun dia menelpon dari telepon selulernya, saya pun akan mengangkat teleponnya..
Kenapa saya begitu?
Soalnya waktu saya masih carep, 'kenaikan pangkat' saya menjadi reporter ditangguhkan ga sopan sama atasan.. (yeah, meski memang 3 bulan kemudian saya lulus evaluasi itu, dan setelah itu ga pernah ada masalah lagi..) Jadi kira2 motto saya waktu itu adalah daripada saya sebel duluan karena dimarah2in via telpon, mending saya cuekin aja tu telepon.. (yeah, cakep ya.. masa labil jaman dulu..)
Sampai2 di evaluasi 2 tahun lalu (kalau saya ga salah), pesan dari editor saya adalah, "pani, kamu itu bagus sebenernya. konten ga ada masalah, menembus narasumber ga masalah. tapi nilai evaluasi yang masih di bawah standar dari semua adalah di komunikasi yang kurang lancar."
kala itu saya menjawab, "iya mba, ke depan akan saya perbaiki." dengan tambahan dalam hati, "tapi intinya kerjaan&tulisan gw ga masalah kan? jadi sabodo lah cuma masalah komunikasi doang, hihihi.."

yeah, untuk soal penulisan berita, rasa-rasanya berita saya jarang ada masalah.. (meski saya ga tau sepenuhnya juga karena kala itu saya hanya menulis, tidak mengedit..) karena seiring berjalannya waktu saya sering melihat tulisan yang saya tulis sama persis dengan yang tercetak di koran esoknya (presklar). Editor tidak mengubah banyak tulisan saya, dan itu jelas menjadi kebanggaan tersendiri untuk saya.. :)

Tapi setelah saya jadi asred, baru deh ngerasin kenapa yang di lapangan sama yang di kantor itu suka slek. yang di lapangan ngerasa udah diperas abis2an, sementara yang di kantor frustrasi banget karena hasil liputan kawan2 di lapangan jauh dari harapan.. *yeah, idup emang berat boi..*
akhirnya setelah saya menjadi asred, saya mengenali ada beberapa tipe reporter yang harus saya hadapi (hampir) setiap hari..
Yaitu, pertama, ternyata memang ada reporter yang hobinya mengeluuuuh.. ngeluh ga bisa liputan pagi karena anak sakit lah, ngeluh dateng kepagian di acara karena yang ngasi jadwal salah jam, dan ngeluh2 soal hal lainnya.. reporter tukang ngeluh akan semakin ngehe kalau juga ditambah tulisannya yang acak2an.. reporter yang suka ngeluh akan lebih baik kalau tulisannya baik&benar jadi ga membuat editor2nya frustrasi..
kedua, ada tipe reporter yang pemalas.. yup, pemalas dalam arti sebenarnya.. ga pernah punya inisiatif soal liputan.. dikasih agenda liputan pun males2an ngejalaninnya.. tapi di sisi lain tulisannya rapi&ga merepotkan untuk editornya..
ketiga, ada juga reporter yang rajin&selalu menjalankan perintah editor dalam proyeksinya.. tapi sayangnya tulisan yang dihasilkan seringkali membuat editor2 keningnya berkerut.. kadang perlu waktu lama juga untuk diedit karena bulet, bulet, bulet.. *halah*

jadi, untuk mengakhiri tulisan saya kali ini.. kalau di twitter itu ada accound @advicetowriters yang menarik untuk disimak. Tapi untuk reporter di lapangan sana, saya juga punya advice,
"tugas anda itu menulis, bukan mengeluh.. Bekerjalah yang baik dengan menulis dengan baik dan benar.. Kalau tulisan anda saja belum cukup memuaskan, tolong jangan terlalu sering mengeluh.. Karena itu akan membuat simpati editor anda berkurang, dan bisa saja mendorong anda untuk di rolling ke desk yang jauh lebih berat.. cheers.."

No comments: